Sabtu, 20 Desember 2014

ANGGARAN DASAR RT 08 SAMAN BLOK III



ANGGARAN DASAR ORGANISASI
WARGA SAMAN RT O8 BLOK III BANGUNHARJO SEWON BANTUL

BAB I
NAMA DAN TEMPAT KEDUDUKAN

Pasal 1
NAMA DAN TEMPAT KEDUDUKAN

Organisasi ini bernama Kerukunan Warga RT 08 yang berkedudukan di dusun Saman Blok III Kelurahan Bangunharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul.

Pasal 2
Waktu

Organisasi ini berdiri sejak dicanangkannya tata kerja Kabupaten Bantul mengenai pembagian wilayah RT dan  untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

BAB II
ASAS DAN TUJUAN

Pasal 3
Azas dan Dasar

Organisasi ini  berazaskan Pancasila dan berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Pasal 4
Maksud dan Tujuan

  1. Mengikat tali persaudaraan antar warga untuk saling asah, asih dan asuh.
  2. Sebagai wadah dan sarana untuk memajukan dan menertibkan warga RT 08 Saman Blok III.
  3. Sebagai sarana penyaluran aspirasi yang positif dan membangun.


BAB III
USAHA

Pasal 5

Untuk mencapai maksud dan tujuannya, organisasi ini melakukan usaha - usaha :
  1. Melaksanakan pertemuan-pertemuan organisasi secara rutin dan temporer sebagai sarana untuk. menggali dan menyampaikan aspirasi serta informasi dan untuk mengadakan musyawarah demi kemajuan organisasi.
  2. Mencari dan menyediakan berbagai informasi yang bermanfaat bagi kemajuan organisasi dan anggotanya.
  3. Melaksanakan amal usaha produktif, sebagai sarana mewujudkan maksud dan tujuan organisasi.
  4. Melakukan usaha-usaha lain dalam arti yang seluas-luasnya, asal tidak bertentangan hukum yang berlaku, serta bermanfaat untuk menunjang tercapainya maksud dan tujuan organisasi.



BAB IV
KEANGGOTAAN

Pasal 6
Peraturan keanggotaan diatur lebih lanjut dalam Anggaran Rumah Tangga.



BAB V
STRUKTUR ORGANISASI

Pasal 7
Kepengurusan

I. PENASEHAT                                                                   

II. KETUA                                                                           
                                                                                          
           
III. SEKRETARIS                                                             
                                                                                             

IV. BENDAHARA                                                               
                                                                                              
 V. SEKSI DANA SOSIAL
    DAN PENYALURAN BANTUAN                               
                                                                                             
                                                                                              

VI. SEKSI KEAMANAN DAN KETERTIBAN                
                                                                                              
                                                                                           

VII. SEKSI KESEHATAN DAN
       KEBERSIHAN LINGKUNGAN                                  
                                                                                               
                                                                                           
                                                                                             

VIII. SEKSI HUMAS DAN INFORMASI                          
                                                                                             
                                                                                              

IX. SEKSI PEMBANGUNAN DN KERJA BAKTI                     
                                                                                           
                                                                                               
                                                                                             

X. SEKSI BEKAKAS  & INVENTARISASI                     
                                                                                         

XI. SEKSI DAKWAH DAN KEROHANIAN                    
                                                                                              

XII. SEKSI SIMPAN PINJAM                                            
                                                                                               
Pasal 8
Struktur Kekuasaan

  1. Kekuasaan tertinggi ada pada rapat anggota.
  2. Kepengurusan dipilih dan diangkat oleh musyawarah anggota.

Pasal 9
Kuorum dan Pengambilan Keputusan

Kuorum dan pengambilan keputusan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.

Pasal 10
Hak Suara dan Hak Bicara

Hak suara dan Hak bicara diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.

Pasal 11
Jenis Rapat-Rapat Organisasi
Bentuk dan jenis-jenis rapat diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.

BAB VI
PENDANAAN

Pasal 12
Sumber Keuangan

a. Iuran wajib setiap kali pertemuan rutin bulanan.
b. Penarikan Iuran Jimpitan.
c. Koperasi Simpan Pinjam Anggota.
d. Persewaan Inventaris RT 08.
e. Uang pendaftaran anggota baru (Rp 25.000,-).
f. Uang penarikan bangunan baru dari warga baru (Rp 50.000,-).

Pasal 13
Pengelolaan Dana

Dana organisasi dikelola secara tertib, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan.

BAB VII
PERUBAHAN DAN PENGESAHAN ANGGARAN DASAR

  1. Anggaran Dasar ini dapat dirubah, ditambah dan / atau dikurangi dalam musyawarah anggota.
  2. Anggaran Dasar ini disahkan dan ditetapkan dalam Surat Keputusan Organisasi yang ditandatangani Pengurus Harian RT 08.






BAB VIII
KETENTUAN LAIN -LAIN

Pasal 14
  1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
  2. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar ini akan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.
  3. Ketentuan-ketentuan lain yang belum tercakup dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga akan diatur lebih lanjut oleh pengurus sejauh tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

BAB IX
PEMBUBARAN

Pasal 15

  1. Organisasi ini dapat dibubarkan apabila diputuskan dengan suara bulat yang dihadiri seluruh anggota, dalam musyawarah anggota.
  2. Apabila organisasi sudah dinyatakan bubar, maka kekayaan organisasi disumbangkan untuk menjadi kekayaan tempat ibadah sebesar 50 % dan sisanya dibagikan kepada anggota.

BAB X
PENUTUP
Anggaran Dasar ini mulai berlaku sejak diputuskan dan ditetapkan




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar